Kamis, 15 Januari 2009

Condet

Condet adalah sebuah daerah yang terletak di Kecamatan Kramat JatiKota Jakarta Timur. Sejak tahun 1960-an; wilayah Condet terbagi atas tiga kelurahan, yaitu BatuamparKampung Tengah dan Balekambang.

Batuampar adalah sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Kramat JatiJakarta Timur. Kelurahan Batuampar, Kelurahan Balekambang dan kelurahan Kampung Tengah lebih dikenal oleh masyarakat Jakarta dengan sebutan daerah Condet. Kelurahan ini memiliki penduduk sebesar 500.000 jiwa dan luas 125 km2. Batuampar memiliki kode pos 13520

Dulu Condet terkenal dengan wilayah Buah-buahan terutama Salak Condet dan buah Duku bahkan menjadi cagar budaya sekaligus cagar buah-buahan. Namun seiring dengan semakin banyaknya penduduk, kebun-kebun duku dan kebun-kebun salak berubah menjadi pemukiman penduduk. Tapi sekarang status cagar tersebut dicabut dan cagar budaya betawi dipindah ke sekitar Lenteng Agung / Jagakarsa. Maka timbullah ribuan rumah-rumah mewah termasuk rumah pejabat negara didaerah condet, seperti Jendral TNI Fahrul Rozi, Sigit Soeharto (dari tahun 1980-an), Mantan Pangkostrad Alm Letjen Agus Wirahadikusumah (ingat kasus pertemuan Bulak Rantai K-8 tahun 2000?), dll. Sertifikat hak Milik menjadi hal yang mudah di Condet sekarang. Sekarang Condet juga terkenal sebagai tempat-tempat Pelatihan dan Penampungan TKI oleh PPJTKI. Hampir di setiap jalan di Condet kita akan menemukan Rumah yang disewa untuk Penampungan TKI dan TKW.

Air tanah sekualitas bogor, lokasi seperti perbukitan kecil (like cinere), tanah yang masih subur dan lingkungan yang aman karena dikepung perumahan dan markas TNI seperti Komplek Perwira Tinggi TNI Bulak Rantai (timur), Pusat Pelatihan Tentara RINGDAM JAYA (barat), Markas KOPASSUS CIjantung (selatan), Komplek Pasukan pengamanan Presiden (ditengah2), dll..., sangat menarik untuk menjadi tempat hunian yang baik bagi perkembangan anak cucu kita. Sengaja Condet tidak dipublikasikan ke masyarakat Jakarta agar Condet tidak menjadi pemukiman yang kumuh seperti daerah lain di Jakarta. Lokasi Condet yang srategis, hanya 5 menit dari pintu tol Taman Mini dan pintu tol Outher Ring Road, menjadikan Condet sebuah kota kecil di tengah kota besar Jakarta, buktikanlah...

Kelurahan Batuampar berbatasan dengan Jalan Raya Condet / Kelurahan Cililitan di sebelah utara, Jalan Raya Condet / Kelurahan Balekambang di sebelah barat, Jalan raya Bogor / Kelurahan Kramat Jati di sebelah timur dan Jalan Inerbang / Kelurahan Kampung Tengah di sebelah selatan.


Sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar